Similar topics
Pencarian
Latest topics
User Yang Sedang Online
Total 1 user online :: 0 Terdaftar, 0 Tersembunyi dan 1 Tamu Tidak ada
User online terbanyak adalah 20 pada Wed Jun 10, 2020 10:07 pm
Tips memperbaiki valve sitting (skir klep)
Halaman 1 dari 1
Tips memperbaiki valve sitting (skir klep)
Tips memperbaiki valve sitting (skir klep)
Sering kali kita disarankan oleh mekanik atau bengkel untuk skir klep, jika tenaga mesin mobil berkurang, ataupun pemakaian oli yg boros,bensin boros, mesin ngebul asap putih, berikut ini adalah penjelasan kapan kita harus skir klep :
- Pertama tes kompressi kondisi kering dari masing2 Cylinder dengan compresion gauge (catat) misalkan : Cyl.1= 150 psi, Cyl. 2= 145 psi, Cyl.3= 140 psi, Cyl.4= 150 psi.
- Kedua isi masing2 cyl..dengan oli encer 5cc, star mesin 3X starter (cabut kbel koil) kemudian tes lagi kompresi masing2 cylinder ( dinamakan tes kompresi basah )..hasil tes masing2 cylinder dicatat...biasanya tekanan kompresi bertambah tinggi dari tes kompresi kering...
- ketiga, perhatikan perbedaan tekanan kompresi dari masing2 cylinder, jika perbedaannya 5psi sampai 15 psi berarti kebocoran dari valve sitting (harus skir klep).. jika perbedaannya antara 20 psi sampai 30 psi atau lebih, berarti kebocoran dari ring piston, jika kondisi ring piston parah, perbedaan tekanan kompresi antara kering dan basah mencapai 30 psi - 50 psi. dalam kondisi ini mobil harus Overhaul (turun mesin)
Kebocoran oli keruang bakar dapat diakibatkan oleh ring piston yang telah aus atau seal valve yg telah tidak berfungsi (mati/keras/miring waktu pemasangan) akibat dari kondisi ini..kenalpot berasap putih dan pemakaian oli boros....tenaga mesin berkurang dan yang lebih extrem mesin pincang akibat dari busi yang basah dengan oli..
Jika mobil boros bensin, lakukan engine Tune-Up secara menyeluruh agar mobil kembali seperti kondisi semula kalau di HP reset factory setting....
Kalau mau tau secara manual (tanpa tes kompresi dengan compresion gauge) ...bongkar cylinder head, jangan dibersihkan dulu keraknya,lepaskan noken as, balikkan posisi cyl.head,valve menghadap ke atas, valve keadaan tertutup,busi masih terpasang, isi combusion chamber dengan bensin,minyak tanah atau air (jangan luber,rata permukaan) perhatikan...jika air/bensin berkurang dan mengalir ke lubang intake atau exhaust...berarti bocor (valve harus di skir)...kalau tinggi permukaan air/bensin tidak berkurang,berarti tidak ada kebocoran,maka kalau kita skir klep jadi perbuatan yg sia2...
Tes manual ini wajib dilakukan setelah dilakukan skir klep, agar yakin bahwa tidak ada kebocoran valve sitting sebelum Cyl.Head dipasang ke Cyl.Block...
Warning : hati2 skir klep untuk engine yg menggunakan HLA, jika terlalu dalam, tinggi batang klep bertambah keatas..sedangkan HLA ga bisa disetel,akibatnya engine akan pincang karena HLA mendorong batang klep secara berlebihan yg mengakibatkan kebocoran kompresi akibat dari klep yg tidak menutup rapat..
[img][/img]
Sering kali kita disarankan oleh mekanik atau bengkel untuk skir klep, jika tenaga mesin mobil berkurang, ataupun pemakaian oli yg boros,bensin boros, mesin ngebul asap putih, berikut ini adalah penjelasan kapan kita harus skir klep :
- Pertama tes kompressi kondisi kering dari masing2 Cylinder dengan compresion gauge (catat) misalkan : Cyl.1= 150 psi, Cyl. 2= 145 psi, Cyl.3= 140 psi, Cyl.4= 150 psi.
- Kedua isi masing2 cyl..dengan oli encer 5cc, star mesin 3X starter (cabut kbel koil) kemudian tes lagi kompresi masing2 cylinder ( dinamakan tes kompresi basah )..hasil tes masing2 cylinder dicatat...biasanya tekanan kompresi bertambah tinggi dari tes kompresi kering...
- ketiga, perhatikan perbedaan tekanan kompresi dari masing2 cylinder, jika perbedaannya 5psi sampai 15 psi berarti kebocoran dari valve sitting (harus skir klep).. jika perbedaannya antara 20 psi sampai 30 psi atau lebih, berarti kebocoran dari ring piston, jika kondisi ring piston parah, perbedaan tekanan kompresi antara kering dan basah mencapai 30 psi - 50 psi. dalam kondisi ini mobil harus Overhaul (turun mesin)
Kebocoran oli keruang bakar dapat diakibatkan oleh ring piston yang telah aus atau seal valve yg telah tidak berfungsi (mati/keras/miring waktu pemasangan) akibat dari kondisi ini..kenalpot berasap putih dan pemakaian oli boros....tenaga mesin berkurang dan yang lebih extrem mesin pincang akibat dari busi yang basah dengan oli..
Jika mobil boros bensin, lakukan engine Tune-Up secara menyeluruh agar mobil kembali seperti kondisi semula kalau di HP reset factory setting....
Kalau mau tau secara manual (tanpa tes kompresi dengan compresion gauge) ...bongkar cylinder head, jangan dibersihkan dulu keraknya,lepaskan noken as, balikkan posisi cyl.head,valve menghadap ke atas, valve keadaan tertutup,busi masih terpasang, isi combusion chamber dengan bensin,minyak tanah atau air (jangan luber,rata permukaan) perhatikan...jika air/bensin berkurang dan mengalir ke lubang intake atau exhaust...berarti bocor (valve harus di skir)...kalau tinggi permukaan air/bensin tidak berkurang,berarti tidak ada kebocoran,maka kalau kita skir klep jadi perbuatan yg sia2...
Tes manual ini wajib dilakukan setelah dilakukan skir klep, agar yakin bahwa tidak ada kebocoran valve sitting sebelum Cyl.Head dipasang ke Cyl.Block...
Warning : hati2 skir klep untuk engine yg menggunakan HLA, jika terlalu dalam, tinggi batang klep bertambah keatas..sedangkan HLA ga bisa disetel,akibatnya engine akan pincang karena HLA mendorong batang klep secara berlebihan yg mengakibatkan kebocoran kompresi akibat dari klep yg tidak menutup rapat..
[img][/img]
Terakhir diubah oleh baracuda09 tanggal Tue Jul 05, 2011 11:56 pm, total 1 kali diubah (Reason for editing : no image)
baracuda09- Jumlah posting : 41
Join date : 05.06.11
Halaman 1 dari 1
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik
|
|
Sun Sep 22, 2013 5:52 pm by rahmat
» Pulley camshaft mazda capella
Thu Aug 23, 2012 9:12 pm by Dhanu hamid
» Tips mengganti Hydarulic Lash Adjuster
Mon Aug 20, 2012 9:03 pm by Dhanu hamid
» Satu tahun perjalanan ForMa-C
Thu Jun 07, 2012 1:10 pm by Admin
» Engine Hard Starting
Tue Jan 10, 2012 7:08 am by baracuda09
» AC tidak dingin kalau siang hari apalagi sedang panas terik matahari
Tue Dec 20, 2011 10:09 am by h4md1
» ...Mendeteksi kerusakan kopling mobil...
Fri Dec 16, 2011 9:31 am by baracuda09
» Piston rem ford telstar TX5 tahun 94
Wed Nov 09, 2011 8:18 am by h4md1
» Repair Hydraulic Lash Adjuster
Fri Nov 04, 2011 1:11 pm by baracuda09