Ford Telstar and Mazda Capella Owner's Club
Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.
Pencarian
 
 

Display results as :
 


Rechercher Advanced Search

Latest topics
» RPM Tiba-tiba drop
Tips memperbaiki valve sitting (skir klep)  EmptySun Sep 22, 2013 5:52 pm by rahmat

» Pulley camshaft mazda capella
Tips memperbaiki valve sitting (skir klep)  EmptyThu Aug 23, 2012 9:12 pm by Dhanu hamid

» Tips mengganti Hydarulic Lash Adjuster
Tips memperbaiki valve sitting (skir klep)  EmptyMon Aug 20, 2012 9:03 pm by Dhanu hamid

» Satu tahun perjalanan ForMa-C
Tips memperbaiki valve sitting (skir klep)  EmptyThu Jun 07, 2012 1:10 pm by Admin

» Engine Hard Starting
Tips memperbaiki valve sitting (skir klep)  EmptyTue Jan 10, 2012 7:08 am by baracuda09

» AC tidak dingin kalau siang hari apalagi sedang panas terik matahari
Tips memperbaiki valve sitting (skir klep)  EmptyTue Dec 20, 2011 10:09 am by h4md1

» ...Mendeteksi kerusakan kopling mobil...
Tips memperbaiki valve sitting (skir klep)  EmptyFri Dec 16, 2011 9:31 am by baracuda09

» Piston rem ford telstar TX5 tahun 94
Tips memperbaiki valve sitting (skir klep)  EmptyWed Nov 09, 2011 8:18 am by h4md1

» Repair Hydraulic Lash Adjuster
Tips memperbaiki valve sitting (skir klep)  EmptyFri Nov 04, 2011 1:11 pm by baracuda09

Gallery


Tips memperbaiki valve sitting (skir klep)  Empty
Navigation
 Portal
 Indeks
 Anggota
 Profil
 FAQ
 Pencarian
Affiliates
free forum

User Yang Sedang Online
Total 1 user online :: 0 Terdaftar, 0 Tersembunyi dan 1 Tamu

Tidak ada

[ View the whole list ]


User online terbanyak adalah 20 pada Wed Jun 10, 2020 10:07 pm

Tips memperbaiki valve sitting (skir klep)

Go down

Tips memperbaiki valve sitting (skir klep)  Empty Tips memperbaiki valve sitting (skir klep)

Post  baracuda09 Tue Jul 05, 2011 11:35 pm

Tips memperbaiki valve sitting (skir klep)

Sering kali kita disarankan oleh mekanik atau bengkel untuk skir klep, jika tenaga mesin mobil berkurang, ataupun pemakaian oli yg boros,bensin boros, mesin ngebul asap putih, berikut ini adalah penjelasan kapan kita harus skir klep :

- Pertama tes kompressi kondisi kering dari masing2 Cylinder dengan compresion gauge (catat) misalkan : Cyl.1= 150 psi, Cyl. 2= 145 psi, Cyl.3= 140 psi, Cyl.4= 150 psi.
- Kedua isi masing2 cyl..dengan oli encer 5cc, star mesin 3X starter (cabut kbel koil) kemudian tes lagi kompresi masing2 cylinder ( dinamakan tes kompresi basah )..hasil tes masing2 cylinder dicatat...biasanya tekanan kompresi bertambah tinggi dari tes kompresi kering...
- ketiga, perhatikan perbedaan tekanan kompresi dari masing2 cylinder, jika perbedaannya 5psi sampai 15 psi berarti kebocoran dari valve sitting (harus skir klep).. jika perbedaannya antara 20 psi sampai 30 psi atau lebih, berarti kebocoran dari ring piston, jika kondisi ring piston parah, perbedaan tekanan kompresi antara kering dan basah mencapai 30 psi - 50 psi. dalam kondisi ini mobil harus Overhaul (turun mesin)
Kebocoran oli keruang bakar dapat diakibatkan oleh ring piston yang telah aus atau seal valve yg telah tidak berfungsi (mati/keras/miring waktu pemasangan) akibat dari kondisi ini..kenalpot berasap putih dan pemakaian oli boros....tenaga mesin berkurang dan yang lebih extrem mesin pincang akibat dari busi yang basah dengan oli..
Jika mobil boros bensin, lakukan engine Tune-Up secara menyeluruh agar mobil kembali seperti kondisi semula kalau di HP reset factory setting....

Kalau mau tau secara manual (tanpa tes kompresi dengan compresion gauge) ...bongkar cylinder head, jangan dibersihkan dulu keraknya,lepaskan noken as, balikkan posisi cyl.head,valve menghadap ke atas, valve keadaan tertutup,busi masih terpasang, isi combusion chamber dengan bensin,minyak tanah atau air (jangan luber,rata permukaan) perhatikan...jika air/bensin berkurang dan mengalir ke lubang intake atau exhaust...berarti bocor (valve harus di skir)...kalau tinggi permukaan air/bensin tidak berkurang,berarti tidak ada kebocoran,maka kalau kita skir klep jadi perbuatan yg sia2...
Tes manual ini wajib dilakukan setelah dilakukan skir klep, agar yakin bahwa tidak ada kebocoran valve sitting sebelum Cyl.Head dipasang ke Cyl.Block...

Warning : hati2 skir klep untuk engine yg menggunakan HLA, jika terlalu dalam, tinggi batang klep bertambah keatas..sedangkan HLA ga bisa disetel,akibatnya engine akan pincang karena HLA mendorong batang klep secara berlebihan yg mengakibatkan kebocoran kompresi akibat dari klep yg tidak menutup rapat..


[img]Tips memperbaiki valve sitting (skir klep)  Ywic0ggc[/img]


Terakhir diubah oleh baracuda09 tanggal Tue Jul 05, 2011 11:56 pm, total 1 kali diubah (Reason for editing : no image)
baracuda09
baracuda09

Jumlah posting : 41
Join date : 05.06.11

Kembali Ke Atas Go down

Kembali Ke Atas

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik