Similar topics
Pencarian
Latest topics
User Yang Sedang Online
Total 1 user online :: 0 Terdaftar, 0 Tersembunyi dan 1 Tamu Tidak ada
User online terbanyak adalah 20 pada Wed Jun 10, 2020 10:07 pm
Tips mengganti Hydarulic Lash Adjuster
3 posters
Halaman 1 dari 1
Tips mengganti Hydarulic Lash Adjuster
Untuk mobil2 yang menggunakan HLA seringkali mengalami bunyi berisik pada valvenya terutama pagi hari...ini disebabkan oleh lambatnya oli yang sampai ke HLA, kasus ini masih dikatagorikan normal, akan tetapi setelah engine mencapai temperatur kerja, atau setelah jauh berjalan ternyata masih bunyi dan vonis bengkel atau mekanik harus ganti HLA, maka sebelum dilakukan penggantian, lakukanlah langkah2 sebagai berikut :
HLA (hydraulic Lash Adjuster) letaknya antara Valve dan Rocker Arm, isinya mini oil pump, fungsinya mengatur valve clearance secara otomatis (jarak antara valve dan rocker arm)...
Bunyi ini disebabkan oleh HLA nya sendiri yang rusak atau ada jalaur oli yang tersumbat, sehingga oli tidak sampai ke HLA.
Sebelum ganti HLA ada baiknya lakukan langkah sebagai berikut :
- Ganti filter oli yang Ori (pilih jangan stock lama) suka mampet valve dalemnya.
- Gunakan oli SAE 10W-30 sampai 20W-50
- Cek tekanan oli 393 - 490 Kpa (4.0-5.0 Kgf/cm2) atau 57-71 Psi at 3000 Rpm. dibawah angka tersebut...artinya oil pump perlu diganti....
- Kalau 3 hal tersebut oke ... bongkar HLA bersihkan isi oli.. pasang kembali..
- Jika ternyata masih bunyi...baru HLA diganti....
Note : Kalau tekanan olinya rendah,.. 10X ganti HLA akan tetap bunyi
Kira2 begitu gan, lakukan dari yg paling mudah....
[img][/img]
HLA (hydraulic Lash Adjuster) letaknya antara Valve dan Rocker Arm, isinya mini oil pump, fungsinya mengatur valve clearance secara otomatis (jarak antara valve dan rocker arm)...
Bunyi ini disebabkan oleh HLA nya sendiri yang rusak atau ada jalaur oli yang tersumbat, sehingga oli tidak sampai ke HLA.
Sebelum ganti HLA ada baiknya lakukan langkah sebagai berikut :
- Ganti filter oli yang Ori (pilih jangan stock lama) suka mampet valve dalemnya.
- Gunakan oli SAE 10W-30 sampai 20W-50
- Cek tekanan oli 393 - 490 Kpa (4.0-5.0 Kgf/cm2) atau 57-71 Psi at 3000 Rpm. dibawah angka tersebut...artinya oil pump perlu diganti....
- Kalau 3 hal tersebut oke ... bongkar HLA bersihkan isi oli.. pasang kembali..
- Jika ternyata masih bunyi...baru HLA diganti....
Note : Kalau tekanan olinya rendah,.. 10X ganti HLA akan tetap bunyi
Kira2 begitu gan, lakukan dari yg paling mudah....
[img][/img]
baracuda09- Jumlah posting : 41
Join date : 05.06.11
Mesin bunyi 'krek krek krek' ford telstar tx5 thn 1994
Dear admin, mohon info dan penjelasan serta perbaikannya untuk mobil ford telstar tx5 tahun 1994.
Saya angkat mobil in kira2 bulan Juli lalu, awalnya tidak ada masalah tapi bulan ini (agustus) kok tiba-tiba mesin terdengar kasar ada bunyi krek krek. Lebih jelasnya bisa liat di attach file (video mp4).
Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.
Salam,
Hamdi
Saya angkat mobil in kira2 bulan Juli lalu, awalnya tidak ada masalah tapi bulan ini (agustus) kok tiba-tiba mesin terdengar kasar ada bunyi krek krek. Lebih jelasnya bisa liat di attach file (video mp4).
Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.
Salam,
Hamdi
Terakhir diubah oleh h4md1 tanggal Thu Sep 08, 2011 10:54 am, total 1 kali diubah
h4md1- Jumlah posting : 17
Join date : 23.08.11
Lokasi : Jakarta
Re: Tips mengganti Hydarulic Lash Adjuster
h4md1 wrote:Dear admin, mohon info dan penjelasan serta perbaikannya untuk mobil ford telstar tx5 tahun 1994.
Saya angkat mobil in kira2 bulan Juli lalu, awalnya tidak ada masalah tapi bulan ini (agustus) kok tiba-tiba mesin terdengar kasar ada bunyi krek krek. Lebih jelasnya bisa liat di attach file (video mp4).
Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.
Salam,
Hamdi
Ikutin aja gan, langkah awal dari yg paling ringan, ganti oli dan filternya, baru kalau masih bunyi ikutin langkah lanjutannya.....
baracuda09- Jumlah posting : 41
Join date : 05.06.11
Re: Tips mengganti Hydarulic Lash Adjuster
akhirnya dibawa PMK (pasar mobil kemayoran), dibongkar sampai timing belt dilepas, lalu dipilah pilih yang rusak 10 biji @Rp. 70ribu-95ribu, termasuk seal atas 2, karet packing klep Rp. 95ribu, 1 seal bawah Rp. 40ribu, ongkos 300ribu, oli ternyata tekor (habis), isi oli lagi.
Setelah selesai pasang kembali, masih bunyi.., trus gas digeber2 sampai +/- 5 menit biar oli sampai naik, akhirnya hilang suara krek-krek.
Total kira2 Rp. 1,3juta...
Setelah selesai pasang kembali, masih bunyi.., trus gas digeber2 sampai +/- 5 menit biar oli sampai naik, akhirnya hilang suara krek-krek.
Total kira2 Rp. 1,3juta...
h4md1- Jumlah posting : 17
Join date : 23.08.11
Lokasi : Jakarta
Re: Tips mengganti Hydarulic Lash Adjuster
h4md1 wrote:akhirnya dibawa PMK (pasar mobil kemayoran), dibongkar sampai timing belt dilepas, lalu dipilah pilih yang rusak 10 biji @Rp. 70ribu-95ribu, termasuk seal atas 2, karet packing klep Rp. 95ribu, 1 seal bawah Rp. 40ribu, ongkos 300ribu, oli ternyata tekor (habis), isi oli lagi.
Setelah selesai pasang kembali, masih bunyi.., trus gas digeber2 sampai +/- 5 menit biar oli sampai naik, akhirnya hilang suara krek-krek.
Total kira2 Rp. 1,3juta...
Rata2 mobil yg menggunakan HLA seringkali mengalami gangguan bunyi2 pada engine, ane saranin jangan sungkan2 untuk ganti oli dan filternya secara rutin berkala, rajin2 cek volume oli mesin sebelum jalan (pagi hari)...semoga mobilnya om Hamdi oke terus.....
baracuda09- Jumlah posting : 41
Join date : 05.06.11
Re: Tips mengganti Hydarulic Lash Adjuster
...waduh bunyi 'krek krek' kok kambuh lagi..
Sy amati bunyi 'krek' terdengar kalo mesin mobil sudah diajak jalan lama (mungkin sudah panas) dan mobil dibawa kencang/digeber ( > 80km/jam).
Kenapa bisa begitu ya?? padahal kalo mobil sudah jalan lama (dibawa kencang) menurut logika oli sudah pasti bakalan naik dan masuk ke sela2 adjuster.
Saat ini malah jadi terbalik kalo mesin baru dinyalakan bunyi krek ga' ada alias suara mesin halus, tetapi setelah jalan lama dan dibawa kencang kok tiba2 suara itu timbul..
Sy juga cek oli mesin sudah tidak berkurang pada saat pagi hari atau pada saat mesin masih dingin belum dinyalakan.
Pls help kira2 apa penyebabnya n bgmn solusi yg tepat, meskipun sebenarnya hal itu tidak menjadi masalah tetapi risih bagi sy klo suara mesin agak kasar..
Thanks
Sy amati bunyi 'krek' terdengar kalo mesin mobil sudah diajak jalan lama (mungkin sudah panas) dan mobil dibawa kencang/digeber ( > 80km/jam).
Kenapa bisa begitu ya?? padahal kalo mobil sudah jalan lama (dibawa kencang) menurut logika oli sudah pasti bakalan naik dan masuk ke sela2 adjuster.
Saat ini malah jadi terbalik kalo mesin baru dinyalakan bunyi krek ga' ada alias suara mesin halus, tetapi setelah jalan lama dan dibawa kencang kok tiba2 suara itu timbul..
Sy juga cek oli mesin sudah tidak berkurang pada saat pagi hari atau pada saat mesin masih dingin belum dinyalakan.
Pls help kira2 apa penyebabnya n bgmn solusi yg tepat, meskipun sebenarnya hal itu tidak menjadi masalah tetapi risih bagi sy klo suara mesin agak kasar..
Thanks
h4md1- Jumlah posting : 17
Join date : 23.08.11
Lokasi : Jakarta
Re: Tips mengganti Hydarulic Lash Adjuster
h4md1 wrote:...waduh bunyi 'krek krek' kok kambuh lagi..
Sy amati bunyi 'krek' terdengar kalo mesin mobil sudah diajak jalan lama (mungkin sudah panas) dan mobil dibawa kencang/digeber ( > 80km/jam).
Kenapa bisa begitu ya?? padahal kalo mobil sudah jalan lama (dibawa kencang) menurut logika oli sudah pasti bakalan naik dan masuk ke sela2 adjuster.
Saat ini malah jadi terbalik kalo mesin baru dinyalakan bunyi krek ga' ada alias suara mesin halus, tetapi setelah jalan lama dan dibawa kencang kok tiba2 suara itu timbul..
Sy juga cek oli mesin sudah tidak berkurang pada saat pagi hari atau pada saat mesin masih dingin belum dinyalakan.
Pls help kira2 apa penyebabnya n bgmn solusi yg tepat, meskipun sebenarnya hal itu tidak menjadi masalah tetapi risih bagi sy klo suara mesin agak kasar..
Thanks
Betul gan, logikanya kalau dah jalan kenceng tekanan olinya naik dan masuk ke sela2 HLA, tapi juga ada pemuaian logam, misal noken as dengan rumahnya,rocker arm dengan as nya,gear oil pump dengan rumahnya, disamping itu kekentalan oli juga berkurang di bandingkan pagi hari, kalau mau pastinya sih dicek tekanan oli pada kondisi panas gas di RPM 3000 apakah masih masuk toleransi tekanan olinya ? bagaimana kondisi filter oli..? ini juga jadi penghambat oli naik keatas...BTW oli pake apa gan...? kalau mau coba yang ringan pakai Nano Energizer (150 ribu) di Ace Hardware, brilliant om chandra pake Nano dia bilang bagus tuh gan....sambil dicariin solusinya yg tepat, karena mobil om August Taron juga seperti itu, mau di cek nanti pas kopdar ke 2...
baracuda09- Jumlah posting : 41
Join date : 05.06.11
Re: Tips mengganti Hydarulic Lash Adjuster
Waktu abis bongkar itu ane minta pake oli total, kata teknisi di PMK itu olinya ga ada, trus dikasi Mesran 20/50W klo ga salah ya.., ane rasa apa itu kekentalan ya??baracuda09 wrote:
Betul gan, logikanya kalau dah jalan kenceng tekanan olinya naik dan masuk ke sela2 HLA, tapi juga ada pemuaian logam, misal noken as dengan rumahnya,rocker arm dengan as nya,gear oil pump dengan rumahnya, disamping itu kekentalan oli juga berkurang di bandingkan pagi hari, kalau mau pastinya sih dicek tekanan oli pada kondisi panas gas di RPM 3000 apakah masih masuk toleransi tekanan olinya ? bagaimana kondisi filter oli..? ini juga jadi penghambat oli naik keatas...BTW oli pake apa gan...? kalau mau coba yang ringan pakai Nano Energizer (150 ribu) di Ace Hardware, brilliant om chandra pake Nano dia bilang bagus tuh gan....sambil dicariin solusinya yg tepat, karena mobil om August Taron juga seperti itu, mau di cek nanti pas kopdar ke 2...
Wahh boleh donk ikutan Kopdar Newbie nihhbaracuda09 wrote: ..mau di cek nanti pas kopdar ke 2...
h4md1- Jumlah posting : 17
Join date : 23.08.11
Lokasi : Jakarta
Re: Tips mengganti Hydarulic Lash Adjuster
OOT : Sekalian mau tanya kanvas rem depan, pake punya merk apa yang bagus tapi harga bersahabat.. atw haruskah pakai orisinal Ford?
h4md1- Jumlah posting : 17
Join date : 23.08.11
Lokasi : Jakarta
Re: Tips mengganti Hydarulic Lash Adjuster
h4md1 wrote:OOT : Sekalian mau tanya kanvas rem depan, pake punya merk apa yang bagus tapi harga bersahabat.. atw haruskah pakai orisinal Ford?
Kalau oli pakai mesran prima 20-50W masih bisa, bagusnya sih nerusin pake oli yg biasa di pakai (harus tanya yg jual mobil dulu), ganti2 oli juga ga bagus untuk mesin, mobil yg menggunakan HLA sebaiknya gunakan oli synthetis 10-30W jauh lebih baik dibanding dengan oli mineral, terutama pada waktu kondisi mesin panas (tingkat penguapan lebih tinggi).
Kalau mau ikutan kopdar pantau aje di kaskus gan...sambil ngeramein tritnya ford/mazda...
Kanvas rem depan pake aje "Mergent" Metalic non asbestos, bagus kok ane dah pake 6 bulan,pengereman normal, waktu itu ganti depan belakang kena 350 ribu harga partnya (ane pasang sendiri)
baracuda09- Jumlah posting : 41
Join date : 05.06.11
Re: Tips mengganti Hydarulic Lash Adjuster
Gan, pake oli synthetis 10-30W merk apa yg udah 'jodoh' sama mobil ini?. Oli yg biasa dipakai yg sebelumnya ane sebut oli TOtal.baracuda09 wrote:Kalau oli pakai mesran prima 20-50W masih bisa, bagusnya sih nerusin pake oli yg biasa di pakai (harus tanya yg jual mobil dulu), ganti2 oli juga ga bagus untuk mesin, mobil yg menggunakan HLA sebaiknya gunakan oli synthetis 10-30W jauh lebih baik dibanding dengan oli mineral, terutama pada waktu kondisi mesin panas (tingkat penguapan lebih tinggi).
Kalau mau ikutan kopdar pantau aje di kaskus gan...sambil ngeramein tritnya ford/mazda...
Kanvas rem depan pake aje "Mergent" Metalic non asbestos, bagus kok ane dah pake 6 bulan,pengereman normal, waktu itu ganti depan belakang kena 350 ribu harga partnya (ane pasang sendiri)
Btw, mengenai adjuster/HLA ternyata ada thread-nya juga disini ya.. https://forma-c46.indonesianforum.net/t13-hydraulic-lash-adjuster
h4md1- Jumlah posting : 17
Join date : 23.08.11
Lokasi : Jakarta
Re: Tips mengganti Hydarulic Lash Adjuster
h4md1 wrote:Gan, pake oli synthetis 10-30W merk apa yg udah 'jodoh' sama mobil ini?. Oli yg biasa dipakai yg sebelumnya ane sebut oli TOtal.baracuda09 wrote:Kalau oli pakai mesran prima 20-50W masih bisa, bagusnya sih nerusin pake oli yg biasa di pakai (harus tanya yg jual mobil dulu), ganti2 oli juga ga bagus untuk mesin, mobil yg menggunakan HLA sebaiknya gunakan oli synthetis 10-30W jauh lebih baik dibanding dengan oli mineral, terutama pada waktu kondisi mesin panas (tingkat penguapan lebih tinggi).
Kalau mau ikutan kopdar pantau aje di kaskus gan...sambil ngeramein tritnya ford/mazda...
Kanvas rem depan pake aje "Mergent" Metalic non asbestos, bagus kok ane dah pake 6 bulan,pengereman normal, waktu itu ganti depan belakang kena 350 ribu harga partnya (ane pasang sendiri)
Btw, mengenai adjuster/HLA ternyata ada thread-nya juga disini ya.. https://forma-c46.indonesianforum.net/t13-hydraulic-lash-adjuster
Kembaliin lagi pake oli Total, cari aja yg 10-30W, jangan lupa ganti filter, kalau om Jnh TX5 nya pake shell helix (dari awalnya pake shell)...bukan cuma Ford tapi Mazda juga yg menggunakan engine sejenis mengalami hal yg sama dan dari pengalaman/pengamatan oli yg cocok degan engine yg pake HLA adalah oli synthetic 10-30W....kalau di LN pada pake Dino Oil dan hasilnya bagus, kalau disini banyak oli bagus, Total,Shell,Castrol,Mobil 1,Eva Lube,Omega...tinggal pilih gan yg cocok ame kebiasaan mobil kita pake yg mana....
baracuda09- Jumlah posting : 41
Join date : 05.06.11
Re: Tips mengganti Hydarulic Lash Adjuster
baracuda09 wrote:Kanvas rem depan pake aje "Mergent" Metalic non asbestos, bagus kok ane dah pake 6 bulan,pengereman normal, waktu itu ganti depan belakang kena 350 ribu harga partnya (ane pasang sendiri)
Bro, ane dapat harga kampas rem "Mergent" non asbes cuma 125 ribu, itu asli apa aspal ya? Di pusat onderdil mobil Depok..
h4md1- Jumlah posting : 17
Join date : 23.08.11
Lokasi : Jakarta
Re: Tips mengganti Hydarulic Lash Adjuster
asli mergent gan, dulu ane beli dah lama 1set 175 depan, belakang 175, belinya juga dipusat onderdil kelapa gading...
baracuda09- Jumlah posting : 41
Join date : 05.06.11
Re: Tips mengganti Hydarulic Lash Adjuster
Salam kenal om-om semua, numpang nimbrung ya. Saya baru tahu ada forum pengguna ford telstar dan mazda capella. Saya juga pengguna mazda capella th 90. Menarik sekali membaca forum ini khususnya mengenai HLA. Saya ingin bertanya mengenai cara mengukur tekanan oli, karena kadang kala ada suara tek-tek di sekitar klep mobil saya. Terima kasih
Dhanu hamid- Jumlah posting : 2
Join date : 19.08.12
Halaman 1 dari 1
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik
|
|
Sun Sep 22, 2013 5:52 pm by rahmat
» Pulley camshaft mazda capella
Thu Aug 23, 2012 9:12 pm by Dhanu hamid
» Tips mengganti Hydarulic Lash Adjuster
Mon Aug 20, 2012 9:03 pm by Dhanu hamid
» Satu tahun perjalanan ForMa-C
Thu Jun 07, 2012 1:10 pm by Admin
» Engine Hard Starting
Tue Jan 10, 2012 7:08 am by baracuda09
» AC tidak dingin kalau siang hari apalagi sedang panas terik matahari
Tue Dec 20, 2011 10:09 am by h4md1
» ...Mendeteksi kerusakan kopling mobil...
Fri Dec 16, 2011 9:31 am by baracuda09
» Piston rem ford telstar TX5 tahun 94
Wed Nov 09, 2011 8:18 am by h4md1
» Repair Hydraulic Lash Adjuster
Fri Nov 04, 2011 1:11 pm by baracuda09