Similar topics
Pencarian
Latest topics
User Yang Sedang Online
Total 1 user online :: 0 Terdaftar, 0 Tersembunyi dan 1 Tamu Tidak ada
User online terbanyak adalah 20 pada Wed Jun 10, 2020 10:07 pm
Engine Hard Starting
2 posters
Halaman 1 dari 1
Engine Hard Starting
...Engine Hard Starting...
Sekedar masukan atas apa yang sering qt alami pada mobil kesayangan dan bikin kesel di jalan yaitu mesin susah di starter, atau bisa distarter tapi ga mau hidup :
1. Bila pagi hari mobil ga bisa starter atau berat (dinamo starter ga mau muter mesin) padahal siangnya normal, berarti aki lemah (ga nyimpen stroom) cek tegangan aki pakai avo meter harus 12,4 volt keatas...kalau aki normal berarti starternya yang ngadat..
2. Bila setelah mobil jalan cukup jauh kemudian berhenti, lalu distarter berat (dalam kondisi mesin panas) kerusakan pada switch selonoid atau bushing angker dinamo starter dah aus dan bila distarter mesin berputar tapi ga mau hidup kerusakan pada ignition coil (panas) untuk emergency di jalan coilnya di kompres pakai lap basah atau guyurin pelan2 pake air...kalau coilnya pakai resistor ceramic, langsungin aja kabel positif dari kontak ke coil +...
3.Bila distarter mesin muter hidup sebentar di gas panjang trus rpm drop kaya bensin tekor lalu mati,berulang seperti itu, kerusakan pada Transistor Ignition (biasanya di sebut CDI)...gejala ini juga sering timbul pada waktu jalan kencang rpm drop lampu dan rpm di dashboard redup (ikut drop) trus mesin mati, distarter hidup lagi, mati lagi...ganti dah transistornya...
Suatu ketika agan2 akan mengalami hal tersebut diatas,jangan panik lagi...kan dah tau kira2 kerusakannya...tiga hal tersebut sering dialami oleh semua jenis mobil yang menggunakan single coil dan CDI...
Untuk mobil2 keluaran baru poin no.3 kerusakan pada Ignition Control Module.
Catatan : supply bbm cukup ke carburator atau injection,pompa bensin normal.
Mudah2an info ini berguna untuk pengguna Ford n Mazda.............
Sekedar masukan atas apa yang sering qt alami pada mobil kesayangan dan bikin kesel di jalan yaitu mesin susah di starter, atau bisa distarter tapi ga mau hidup :
1. Bila pagi hari mobil ga bisa starter atau berat (dinamo starter ga mau muter mesin) padahal siangnya normal, berarti aki lemah (ga nyimpen stroom) cek tegangan aki pakai avo meter harus 12,4 volt keatas...kalau aki normal berarti starternya yang ngadat..
2. Bila setelah mobil jalan cukup jauh kemudian berhenti, lalu distarter berat (dalam kondisi mesin panas) kerusakan pada switch selonoid atau bushing angker dinamo starter dah aus dan bila distarter mesin berputar tapi ga mau hidup kerusakan pada ignition coil (panas) untuk emergency di jalan coilnya di kompres pakai lap basah atau guyurin pelan2 pake air...kalau coilnya pakai resistor ceramic, langsungin aja kabel positif dari kontak ke coil +...
3.Bila distarter mesin muter hidup sebentar di gas panjang trus rpm drop kaya bensin tekor lalu mati,berulang seperti itu, kerusakan pada Transistor Ignition (biasanya di sebut CDI)...gejala ini juga sering timbul pada waktu jalan kencang rpm drop lampu dan rpm di dashboard redup (ikut drop) trus mesin mati, distarter hidup lagi, mati lagi...ganti dah transistornya...
Suatu ketika agan2 akan mengalami hal tersebut diatas,jangan panik lagi...kan dah tau kira2 kerusakannya...tiga hal tersebut sering dialami oleh semua jenis mobil yang menggunakan single coil dan CDI...
Untuk mobil2 keluaran baru poin no.3 kerusakan pada Ignition Control Module.
Catatan : supply bbm cukup ke carburator atau injection,pompa bensin normal.
Mudah2an info ini berguna untuk pengguna Ford n Mazda.............
baracuda09- Jumlah posting : 41
Join date : 05.06.11
Re: Engine Hard Starting
baracuda09 wrote:...Engine Hard Starting...
2. Bila setelah mobil jalan cukup jauh kemudian berhenti, lalu distarter berat (dalam kondisi mesin panas) kerusakan pada switch selonoid atau bushing angker dinamo starter dah aus dan bila distarter mesin berputar tapi ga mau hidup kerusakan pada ignition coil (panas) untuk emergency di jalan coilnya di kompres pakai lap basah atau guyurin pelan2 pake air...kalau coilnya pakai resistor ceramic, langsungin aja kabel positif dari kontak ke coil +...
Om, boleh tanya? Kejadian pada mobil ane seperti itu, klo sudah jalan lama trus misalnya dimatikan trus ingin dihidupkan kembali, kok di-starter kaya' berat banget susah hidupnya. Ane pake ford tx5 injection 2000cc. Boleh sekalian +tanya ya Om, klo nyalakan AC rpm sering ga stabil seperti ini :
- AC on setelan 1 = rpm kadang drop 100-300, mesin berasa seperti mau mati, ampe kap mesin bergetar.
- AC on setelah 2 atw lebih = rpm tinggi ke 2000, jadi klo lepas kopling dan gas ga usah diinjak, itu mobil jalan.
Ane baca2 dari web lain katanya karena ga ada idle up yg mengatur rpm mesin (http://autotuhu.com/belajar-otomotif/belajar-ac-mobil-otomotif/prinsip-kerja-idle-up-ac-mobil)
Ane jadi pusing ama nih mobil, udah dingin ac-nya tapi kaya begitu
Mohon om jabawannya, makasih seblmnya ya..
h4md1- Jumlah posting : 17
Join date : 23.08.11
Lokasi : Jakarta
Re: Engine Hard Starting
h4md1 wrote:
Om, boleh tanya? Kejadian pada mobil ane seperti itu, klo sudah jalan lama trus misalnya dimatikan trus ingin dihidupkan kembali, kok di-starter kaya' berat banget susah hidupnya. Ane pake ford tx5 injection 2000cc. Boleh sekalian +tanya ya Om, klo nyalakan AC rpm sering ga stabil seperti ini :
- AC on setelan 1 = rpm kadang drop 100-300, mesin berasa seperti mau mati, ampe kap mesin bergetar.
- AC on setelah 2 atw lebih = rpm tinggi ke 2000, jadi klo lepas kopling dan gas ga usah diinjak, itu mobil jalan.
Ane baca2 dari web lain katanya karena ga ada idle up yg mengatur rpm mesin (http://autotuhu.com/belajar-otomotif/belajar-ac-mobil-otomotif/prinsip-kerja-idle-up-ac-mobil)
Ane jadi pusing ama nih mobil, udah dingin ac-nya tapi kaya begitu
Mohon om jabawannya, makasih seblmnya ya..
Kalau mobil om Hamdi starternya berat, coba cek dulu kondisi dari accu nya, masih bagus atau setengah bagus, itu juga salah satu penyebab starter berat, kalau accu nya ok, service dinamo starter, kalau coil model tx 5 yg injection adanya didalam distributor, kalau rusak langsung mesin mati ga mau hidup.
Kalau kasus AC seperti diatas, memang betul dari idle-up, lokasinya diatas Throttle body, biasanya mekanik suka nyebutnya servo, yg harus dilakukan :
- Cek kebocoran selang2 vacum yg dari intake manifold ke Throttle body dan servo, biasanya kering (retak) bocor.....ganti bila perlu....
- Copot Throttle body bersihkan dengan injector cleaner atau WD40
- Bersihkan socket2 terminal kabel yg diservo dan throttle body, bila perlu cek arusnya ada ga yg ke servo pada waktu pasang AC.......
- Bilamana ketiga hal tersebut diatas tidak berhasil, ganti servo atau dibuat Idle-up terpisah yang bekerja pada waktu pasang ac ( dilakukan di bengkel ac yg prof )jangan yg abal2...
- Rpm Idle 700, pasang ac 900 Rpm
Mudah2an mobilnya bisa kembali normal, sabaaaaaaar gan................
baracuda09- Jumlah posting : 41
Join date : 05.06.11
Halaman 1 dari 1
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik
|
|
Sun Sep 22, 2013 5:52 pm by rahmat
» Pulley camshaft mazda capella
Thu Aug 23, 2012 9:12 pm by Dhanu hamid
» Tips mengganti Hydarulic Lash Adjuster
Mon Aug 20, 2012 9:03 pm by Dhanu hamid
» Satu tahun perjalanan ForMa-C
Thu Jun 07, 2012 1:10 pm by Admin
» Engine Hard Starting
Tue Jan 10, 2012 7:08 am by baracuda09
» AC tidak dingin kalau siang hari apalagi sedang panas terik matahari
Tue Dec 20, 2011 10:09 am by h4md1
» ...Mendeteksi kerusakan kopling mobil...
Fri Dec 16, 2011 9:31 am by baracuda09
» Piston rem ford telstar TX5 tahun 94
Wed Nov 09, 2011 8:18 am by h4md1
» Repair Hydraulic Lash Adjuster
Fri Nov 04, 2011 1:11 pm by baracuda09